Setelan Angin Karburator
Setelan Angin Karburator
Rata-rata pada saat kita service
karburator di bengkel setelan angin karburator (air screw) dicari dengan
patokan teriakan mesin tertinggi, bahkan di geber sampe putaran gas
FULL. …. Bisa ! masing-masing cara orang memang beda menerapkannya tapi
tujuannya sama adalah mencari settingan yang pas.
Berikut adalah diagram panduan (secara teori) untuk setting airscrew (IDLE) & PJ khususnya
.
Berikut adalah diagram panduan (secara teori) untuk setting airscrew (IDLE) & PJ khususnya
.
Carburator Tuning Keihin 1:
sumber: keihin
Terlihat pada hampir 1/2 putaran gas, setting AirScrew dan PJ tidak berfungsi lagi. Justru kita bisa lihat perpindahan antara PJ dan PJ di isi oleh clip position, tapi sayang Karburator yg kita pakai khususnya Keihin PE tidak ada setelan klipnya. Pada putaran gas 3/4 s/d Full hanya MJ berfungsi.
Carburator Tuning Keihin 2:
A = most effective
B = fairly effective
C = small influence
D = no influence
Jika berpatokan pada diagram 1 s/d 3, setting airscrew di setting pada saat IDLE (RPM 2000), dicari nafas tertinggi. Untuk memastikan settingan sudah pas atau belum lihatlah kondisi BUSI. Jika Merah bata berati passs & motorpun menghasilkan performa maksimal & IRIT !!!
Semoga bermamfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar