Beda CDI Limiter dan Unlimiter
Beda CDI limiter dan unlimiter?.
Untuk yang unlimiter maksudnya kerja CDI itu mampu melayani putaran
mesin sampai rpm berapa pun. Tergantung kuatnya mesin berkitir. Sedang yang
limiter ada batasnya. Cuma bisa sampai rpm tertentu. Di dalam rangkaian elektronik dioda terdapat
dioda zener yang fungsinya untuk membatasi gasingan mesin. Kalau rpm
pengin bertambah, dioda zener harus pakai yang besar. Namun CDI
susah dibedah untuk mengganti komponen elektroniknya.
Rata-rata motor produksi sekarang, CDI-nya unlimiter.
Seperti Shogun dan Yamaha F1Z-R.
Sedang penganut limiter seperti Honda Sonic, NSR, Yamaha TZM, Tornado, dll.
Fungsi
CDI & PulserRata-rata motor produksi sekarang, CDI-nya unlimiter.
Seperti Shogun dan Yamaha F1Z-R.
Sedang penganut limiter seperti Honda Sonic, NSR, Yamaha TZM, Tornado, dll.
KLIK! Gambar untuk
memperbesar!!
CDI (Capacitor Discharge Ignition)
berfungsi mengatur pengapian secara elektronik. Ketika putaran rendah,
waktu pengapian dekat TMA (Titik Mati Atas). Begitu rpm tinggi, waktu
pengapian dimajukan atau lebih awal. Tentu mengandalkan rangkaian dari
kapasitor, dioda dan SCR (Silicon Controlled Switch).
Nah, buat sensor waktu, pengapian CDI mengandalkan
pulser (pick-up coil).
Pulser ini memberi sinyal berdasarkan putaran magnet. Sinyal itu dikirim
ke CDI, yang kemudian memerintahkan busi menembak. Dengan demikian,
tidak ada proses sentuhan mekanik. Sehingga tidak perlu penyetelan
ulang.Dalam CDI, sinyal pulser diterima dioda penyearah arus, lalu dicekal resistor dan diterima beberapa kapasitor, sebelum dilepas ke koil yang kemudian ‘menyetrum’ busi.
Beda CDI 2 tak & 4 tak
Motor 2-tak hanya butuh sekali putaran kruk-as untuk mendapatkan satu kali pembakaran (tenaga/usaha). Sedang 4-tak butuh 2 putaran poros engkol. Pernah dilakukan percobaan. Magnet dan CDI 2-tak dipasang di 4-tak. Untuk gasingan bawah, tenaga lumayan gede. Begitu digas tinggi, grafik pengapian turun. Artinya tenaga di gasingan atas malah melorot. Artinya magnet dan CDI 2-tak tidak bisa memenuhi permintaan mesin siklus 4-tak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar